Tuesday 28 January 2014

Behind the Orchestra

Haha.. Before everything, I just want to tell you.. that I do  love to write this.. :)

Setahun saya berkecimpung di dunia konser mengkonser, dan banyak yang saya pelajari disitu, percayalah nak, ikut kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat tidak akan membunuhmu, just try to get involved in a student activity or etc, based on your hobby or interest..

malah sekarang, menurut saya kegiatan seperti inilah yang banyak memberi saya pelajaran diluar kuliah, tidak hanya bagaimana berorganisasi, berteman, tapi kalo mau dipikir lebih jauh, kegiatan seperti ini bisa manfaatnya diaplikasikan di kehidupanmu.. yang jelas very positive,.. :)

so that I wanna tell you, a bit of my Orchestra Story..


Saya bergabung di UKM ini sejak 2011, ngeliat UKM nya langsung pengen masuk dah, berhubung saya suka dan cinta musik, mata saya langsung berbinar2 saat liat megahnya grup ini bermain di lingkungan sebelah GSP saat Gelanggang Expo 2011.. :)

''makanya, saya coba deh masuk, sebelum tau ternyata didalamnya isinya orang orang GILA semua.. haha''

saya masuk dengan membawa sebuah gitar, instrumen yang sebenarnya banyak orang bisa main, tapi yang penting bisa masuk dan menjadi bagian didalamnya.. :D

So,, The Orchestra is.. Sebuah kumpulan anak2 keren yang main musik bareng2, kumpulan ini terdiri dari beberapa section :

# The Player
String section (Violin, Viola, Cello, ContraBass, etc.)

Brass Section (Terompet, Frenchorn, Tuba, etc.)

Woodwind (Flute, Piccolo, Clarinet etc.)

Combo Section (Gitar Electric and Acoustic, Drum, Bass, Piano, etc.)


# The Principle
Tiap section itu dipimpin oleh seorang principle, gampangnya kaya ketua kelompok, dia bertanggung jawab memimpin setiap section nya.. biasanya mereka mereka ini adalah orang2 paling mumpuni dalam skill maupun relasi ke setiap anggotanya, dia biasanya yang duduk paling luar (paling dekat dengan penonton dan conductor) di dalam orchestra..



# The Conductor
Semua player2 ini dipimpin oleh seorang conductor yang bertugas mengatur semua player di dalamnya, bagi yang belum tau, conductor ini kelihatanya emang cuman ngayun2in tangan doang jika dilihat dari sisi penonton, tapi percayalah, dan percayalah.. tidak semudah itu..

behind the scene, orang2 seperti conductor ini adalah leader yang keren, dia bertanggung jawab atas bangunan musik yang dirancangnya, apakah akan kokoh? rapuh? ataukah indah? elegan? semua tergantung leader ini bagaimana dia membawakan dan mengatur sebuah orchestra di depan penonton.. :)


#The Management Team

and again, setelah tim player terkumpul, dibelakangnya ada management team yang hebat, jangan dibilang mudah, bahkan kalo bisa dibilang mereka2 ini lebih sibuk daripada playernya, mereka yang mengatur semua properti, peralatan, acara, manajemen player dan penonton, pokoknya semua lidi yang bikin suatu acara konser berjalan sebagaimana mestinya dari mulai penonton masuk sampe keluar lagi, dan akhirnya bisa menyuguhkan dan mengkonsep sebuah tontonan yang bisa dikenang oleh setiap penonton yang datang,..

Project terbesar kita di UKM ini adalah bikin konser, yang mana kita dikasih mandat sama kakak angkatan kita untuk bikin konser sekeren mungkin dengan sumber daya yang ada,.. project ini dimulai dari bulan November 2012, dan acaranya dilaksanakan 18 Mei 2013..

nih para team leaders tiap divisi kita saat bikin Grand Concert vol.3 :


RADHI, the Team leader/ project manager, kalau kamu suka seluk beluk konser, cari ni orang,haha dari orang ini saya belajar sabar, and selalu stay cool saat ada masalah, dia bertanggung jawab memimpin seluruh elemen di konser GC vol.3


VERO, ini cewe satu bertanggung jawab ngurusin acara, everything about the show, she knows it.. ini salah satu cewe hebat gmco, keahlianya adalah selalu senyum dan selalu ramah sama semua orang, saking ramahnya sampe2 banyak cowo2 yang salah tangkep #ehh haha, dari dia saya belajar selalu ramah sama org :p


FAIQ, ini orang emang ga jelas, liat aja fotonya ga jelas, dia emg gasuka difoto, tapi dia bertanggung jawab untuk ngurusin artistik, semua yang berhubungan dengan display yang akan ditampilkan di konser.

VINA, cewek kecil mungil yang main biola ini tidak diragukan lagi kemampuan desain grafisnya, dia yang buat semua desain grafis untuk konser, plus dia juga berhubungan dengan pihak2 publikasi..


Haha ini tidak usah dikenalin, saya di konser ngurusin latihan, yang ngumpulin orang buat latihan 3x seminggu wkkw


IRINA, ini sebenarnya pemain piano, tapi gara2 dia sering bawa buku tebel2 ke tempat latihan, radhi melihat ada bakat sekretaris di dalam diri Irina, jadilah dia sekretaris, yang berurusan dengan kertas kertas bertandatangan itu.. haha


WILLY, ini orang udah angkatan tu* sebenernya, haha tapi tanpa dia konser ga aman bro, yaa dia adalah orang keamanan.. :)


VANIA, yang ini aslinya pemain biola, hobinya liatin foto cewe sambil cengar cengir sendiri, yaa benarr selain main biola, dia sedang menekuni dunia perputrian.. haha akhirnya dia dipilih jadi Materi yang bertanggung jawab ngurusin semua materi latihan gmco

KUKUH, ini orangnya agak pendiem, sebenernya alim dia, tapi gara2 masuk gmco jadi agak menceng..hahaha, dia bertanggung jawab ngurusin semua equipment or PErkap! sedikit cakap, banyak angkat2, sekalinya ngomong sedikit tapi nancap.. haha


MENTARI,  Danus danus?? ini dia.. orangnya yang 'gampangan' haha maksudnya gampang berkomunikasi, bikin dia dipercaya buat berhubungan dengan sponsor2 di konser GC.


BANDORO, dari fotonya sangat mencerminkan dia, dia adalah orang somplak yang random dan sering dikomen 'gatau lagi dah ama lo' hahaha, dia bertanggung jawab ngurusin tiket dan mengatur orang2 yang dateng buwat nonton konser..

PS : sori sori , sebenernya banyak orang behind the scene keren keren yang lain, tapi kalo disebutkan1 1, ga selese2.. :p

#The Concert
Dan setelah 6 bulan persiapan, akhirnya jadilah jadilah konser yang kita perjuangkan :

GRAND CONCERT VOLUME 3 - THE WORLD IN THEATER




sangat senang lah hati kita habis konser selesai, akhirnya perjuangan 6 bulan merancang sebuah pertunjukan tidaklah sia sia.. and now.. semua itu jadi kenangan dan cerita tersendiri, entah itu cerita buat temen2 yang lain, cerita buat anak2 kita nanti kelak mungkin (haha), bahkan buat cerita di CV hahaha semua yang terlibat di kegiatan seperti ini akan merasakan semua kenangan2 menyenangkan itu..

#The Family
and other things which is so important is, we have a new family.. ikut kegiatan kayagini, mengenal banyak orang baru, kita gapunya batasan umur/angkatan,.. inilah yang paling bikin bahagia, setelah kerja bareng di satu tim yang solid, melewati masa masa sulit, berantem, ketawa bahkan nangis2 hahaha #lebayytpbener sampai pada batas kalo kita melihat satu sama lain itu udah 'maklum', semua sifat yang bikin ga enak diterima dgn 'biasa saja' karena kita udah merasa satu keluarga yang sangat mengenal pribadi satu sama lain.. that is what I really love to call 'a new family' :)

Nonton konser bareng!
The first Concert!
PH GMCO angkatan 4
ComboCombo-an


Makrab
So my point is, setiap UKM/ kegiatan mahasiswa pasti ada nilai positifnya, asal kita dapet kegiatan yang bener2 pas sama minat, kegiatan yang bikin kamu bangga menceritakanya ke orang lain, kegiatan yang bikin kamu mau bekerja disitu dengan sukarela tanpa mendapat uang sepeserpun, kegiatan yang bahkan harus rela kamu kerjakan dengan merelakan kegiatan yang lain, kegiatan yang bisa membawa keluarga baru,.. 

sebenernya kalo boleh bilang saya bukan tipe orang yang suka berorganisasi, saya tidak begitu suka dengan ungkapan seperti berorganisasi bisa meningkatkan softskill- lah (entah kenapa saya ilfil kalo ada orang bilang kata2 ini hahaha) bisa menambah networking- lah (saya tidak menggubris kalo ada penasehat yang bilang gini) tapi secara tidak sadar saya dapet itu semua di kegiatan semacam ini, akhir kata, dari sebuah UKM Gadjah Mada Chamber Orchestra saya berangkat menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.. :)
semoga temen2 tidak canggung untuk ikut ikut kegiatan seperti ini :)


Thx guys.. I am so glad and so lucky to be a part of this great family.. :D

Twitter : @GMCO_UKM
FB : Gadjah Mada Chamber Orchestra
Website : gmco.ukm.ugm.ac.id
Youtube : http://www.youtube.com/user/GadjahMadaOrchestra

7 comments: