Friday 19 December 2014

Internetan Cepat, Pake Indosat!

Satu yang saya tanyakan pada awal tulisan ini, apakah anda punya smartphone? kayanya si iya.. :) Kebanyakan dari anda pasti mengiyakan, tidak mengherankan karena menurut data dari emarketers.com pada tahun 2015 pengguna smartphone di Indonesia mencapai 61,2 juta dan akan meningkat menjadi 74,8 juta pada tahun 2016.

Smartphone sekarang bagai Kacang!

sekarang coba perhatikan smartphone anda, saya bisa pastikan pasti anda punya mobile messenger (aplikasi chating seperti Whatsapp, Blackberry Messenger, LINE, Telegram dsb.) iya kan? haha. Lalu aplikasi social media seperti facebook, instagram, path, twitter, pasti punya kan? haha, Lalu browser internet, dll. Hampir semua aplikasi tersebut memakai jaringan data sebagai koneksinya, dan agar bisa dipakai secara nyaman, maka diperlukan koneksi data yang reliable (handal), dan untuk mendapatkan koneksi yang data internet yang bagus, maka diperlukan juga PROVIDER yang bagus pula! :)

Omong omong, saya sudah menggunakan IM3 sejak jaman SMP, dan baru akhir2 ini cb pakai paketan hairan, cuman 3rbuan/hari, haha berikut tips tips yang bisa saya kasitau biar internetan lebih nyaman dan cepat pakai Indosat :

1. Sesuaikan kebutuhan paket data dengan paket yang disediakan oleh Indosat :


Pertama yang harus diperhatikan adalah budget alias dompet.. haha, ga usah songong, kalo ada duitnya dikit ya ga usah pake paket yang mahal mahal. Indosat menawarkan berbagai paket sesuai dengan kebutuhan anda, tapi sebagai konsumen yang pintar jangan salah pilih juga gan.. :p cari yang pas di kantong dulu. berikut daftar harga paketan internet Indosat :



Coba perhatikan gan, ada banyak paket tersedia, kalo saya si karena dirumah juga ada wifi, saya pakai paket harian yang 3000 an, sehari cuma 3000 n dah bisa internetan.. :), sebenernya kalo budgetnya lagi banyak saya pake Paket bulanan, soalnya ada paket gratis Super WiFi. Super WiFi ini adalah layanan Indosat dimana kita bisa konek ke WiFi yang ada di tempat tempat tertentu dengan gratis coy! hha

ingat juga hukum harga & barang, 'ada harga ada barang' = kalo bayar lebih ya dapet nya lebih, tapi ya bijak2lah dengan keadaan kantong anda.. kalo kemahalan ya ga usah sok kaya, ga kepake juga paketnya.. :D

2. Rencanakan kebutuhan Internet anda :


Ada aplikasi menarik yang bisa diunduh melalui Google Play, namanya My Data Manager, dengan aplikasi ini kamu bisa merencanakan dan memantau penggunaan internet kamu setiap hari. berikut screenshot saya liat :


Setingan pada aplikasi, untuk menseting penggunaan data sesuai dengan pembayaran pulsa, karena saya bayar dulu jadi saya pake setingan 'pre-paid'


Dengan aplikasi ini kita bisa merencanakan penggunaan data kita dengan setingan jangka waktu yang dapat kita tentukan sendiri

Aplikasi ini memberi notif di notif bar, jadi bisa keliatan terus seberapa banyak penggunaan data kita

Gada salahnya gan, dicoba pake aplikasi ini, belajar buwat nge plan pengeluaran kuota internet tiap bulan, style irit anak kosan.. haha

3. Cari Lokasi

Biar internet tambah cepet, cari lokasi dengan sinyal terbagus, kalo lagi dikamar sinyal internetnya jelek, coba keluar, ato ke atas genteng juga boleh.. haha  ini review saya dengan menggunakan 2 device yang berbeda, 1 pake Samsung Galaxy Tab 2 : 7.0 , dan satunya pake Samsung Galaxy WI8150 , saya tes kedua device ini dengan aplikasi 4GMarks, secara teori Tab 2 punya kemampuan lebih dari Samsung Galaxy WI1850, tapi coba lihat hasilnya dibawah :

Test dengan Device A


Test dengan Device B
Coba tebak Device A apa dan Device B apa??

A = Galaxy Tab 2
B = Galaxy WI18150

Ya.. ternyata lokasi menentukan prestasi sodara sodara,.. haha maksudnya lokasi menentukan kualitas internet, padahal saya hanya berpindah beberapa meter dari lokasi awal, namun efeknya signifikan,.. :)

Alternatifnya, kalo saya si sering cari tempat nongkrong (cafe dsb.) dengan catatan sinyal internetnya bagus lalu tinggal di tether hotspot dengan smartphone agan agan, sambil minum minum cantik/ngopi/ngobrol, manteps gan.. :)



kebetulan sinyal Internet Indosat ditempat saya lumayan, jadi ya dirumah aja dah cukup,.. :)
~sekian

No comments:

Post a Comment