Tuesday 2 April 2013

Menyanyikan ‘Negaraku’ untuk Malingsia


So.. here is the story,..

Alhamdulilah rejeki saya kali ini diajak liburan ke Malaysia buat nonton F1 sama Mas Doy (kakak laki-laki saya) , Mas Richie (kakak ipar saya) dan Mba Git (Kakak perempuan saya), mereka mensponsori tiket Airasia dari Yogya – Malaysia, berhubung ada promo dari airasia, tiket Yogya – Malaysia bisa didapetin dengan Harga 250rb, ternyata jalan2 ke luar negri ga harus yang mahal mahal.. hehe (# lah orang dibayarin) :p

Berangkatlah ane dari Adi sucipto siang itu, sekitar jam 2, dan sampe di  Malaysia sekitar jam 6an (Malaysia dan Jogja beda waktu 1 jam).. Pas nyampe dan ketemuan di bandara, Kami langsung naik KRL dari Bandara Airasia di LCCT ke pusat kota Kuala Lumpur, kesan pertama waktu masuk KRL nya.. Keren :)


Didalamnya bersih, rapi, dan ada wifinya juga, keretanya pun cepat, dan sampelah kita di Kuala Lumpur, hotel kami kebetulan dekat sama Bukit bintang (tempat shoping hampir seperti malioboro nya Kuala Lumpur)..

Entah ya, kalo di keadaan di pojok Malaysia seperti apa, tapi setelah melihat KL, kok saya merasa, Indonesia ketinggalan ya (perbandingan saya adalah Jakarta -_-).. dari pekerja bangunanya yang selalu pake seragam rapi2 di proyek2 pembangunan di jalan (kaya di film2, yang saya liat adalah kerapian pekerjanya dalam menaati SOP K3 "Kesehatan dan Keselamatan Kerja" ), tiang2 jalan layang dimanfaatkan untuk iklan, menara petronas, jalan raya yang halus2, etika lalulintasnya, sampe sifat orang2nya yang ramah, semua keren. Lanjut, setelah lelah muter2 akhirnya kita balik ke hotel lagi untuk istirahat.

Paginya langsung setelah siap2,tanpa petunjuk yang jelas dan modal nekat, kita langsung aja ke KL center (Tempat pusat transportasi di Malaysia) disitu ada semua mulai dari terminal taxi, bus, KRL, kereta dipusatkan jadi 1 tempat , bangunan dan sistemnya tertata bagus dan rapi,
Tempatnya bersih gan, terawat, orang2nya juga pada sadar dengan hal2 kecil, contoh Buang sampah pada tempatnya, disana saya jarang liat Putung rokok ato sampah2 kecil lain yang ditempatkan tidak semestinya.

kalo di Jakarta ato di tempat2 lain di Indonesia bikin ginian ma orang2nya juga pasti betah naik transportasi umum, dan turis2 juga pasti demen karena gampang kemana2nya…

Kita cari transportasi ke Sepang, n dapetlah “the fastest way to the track” dengan paket 25 Ringgit (sekitar 75 ribu) untuk ke Sepang Circuit nya.. dan lagi2 pelayananya memuaskan, kita dapet KRL + Bis Ke Sepang Circuit dari Stasiun Pemberhentianya + Bis kecil dari Pool sepang ke tribun2 penontonya… Semua sepertinya sudah diatur sangat baik oleh pihak penyelenggara biar penonton gaperlu pusing-pusing lagi..

Masuklah kita ke arena balapan, kita dapet view di salah satu tikungan, 1 hal yang paling saya heran dan baru sadar adalah, ternyata suara F1 itu kerasnya kaya pesawat, bahkan lebih, bikin kuping ga enak, ini beneran lo, yang di tv cuman "nguiiinggg" di tempat aslinya "NGGUUIIIIINNNNNNGGG!!!" haha



1 hal yang menurut saya gila, adalah pembalapnya, bayangin aja dia balapan dengan mobil yang kecepatanya bisa ampe 327km/h (saya paling banter naik kendaraan itu 100km/h itu aja udah merinding takut ada ayam lewat ato kenapa2 -_-), Kebanyakan dari pembalap pas ditanya tentang motivasinya jadi pembalap, jawabnya :
“I have the dream to be an F1 racer since I was 6 years old..”

keren , hampir semua kurang lebih gitu, mereka punya impian yang mereka pupuk dari kecil… :)

Rada loncat2 ya…

Sebelumnya ane main ke Batu Cave saya, itu tempat sembahyangnya umat hindu apa kalo ga salah, dan ada patung gedenya, penasaraaan, saya sama Mas chie kesana naik bis,.. bis disana bentuk dalemnya sama semua, entah ya kalo dipinggiran Malaysia, tapi karena yang saya liat Cuma KL nya, semuua bis udah terstandar


Jadi Batu Cave itu salah satu obyek andalanya KL, promosinya juga bagus, dan bikin penasaran, ga Cuma itu, semua akses ke semua obyek wisata di KL selain batu cave gampang dan semuanya difasilitasi dengan sangat baik oleh pemerintah Malaysia.. dan setelah sampee…



Bagus…!! tapi sori bro, masih kerenan Borobudur dan Prambanan nya Indonesia..  :D
Tapi yang saya salut bukan Batu Cave nya, tapi transportasi dan hal2 kecil lain yang sudah bisa diatur pemerintah dan Masyarakat Malaysia dengan baik… Yang paling saya 'notice' adalah transportasinya.. jauh men sama Jakarta, dari tingkat kebersihanya, sama pelayanan karyawan2nya, di bis udah gada yang ngrokok termasuk gada puntung rokok (b.jawa = tegesan hha), bisnya berenti selalu di tempat yang disediakan untuk berenti (selain itu bis gamau di stop dan gamau berenti), btw ini ga Cuma di bis, tapi juga di KRL dan Tempat2 umum lain, mungkin ada tapi dikit dan Cuma oknum, kalo di Indonesia masih kebalikanya.. -_-


Balik lagi ke Sepang.. :D

Pertandingan dimulai.. Ngeeettt ngeettt ngeett… Mobil2 edan itu melesat cepat.. saling selip2an, yang paling seru adalah waktu pertama start..
Tapi di pertengahan perlombaan bingung gan, ini mana yang posisi 1 mana yang terakhir,.. -_- karena jarak antar pembalap udah jauh gara2 pitstop dll, terus ga kaya di tv, di Tempat aslinya gada tulisan berjalanya,… hehe
alhamdulilah bisa liat mobil yang sering ane gambar2 waktu SD, tp kali ini secara live.… haha
Kami pulang ke hotel naik bis lagi dengan harga sekitar 20 Ringgit (60ribuan) sampe KL.. #wah pengalaman baru.. :D
Besoknya kami ga ambil jalan2 lagi, ditimbang2 mepet juga daripada ketinggalan pesawat..
Nah… saat di bandara inilah kejadian yang rada sedikit menyebalkan terjadi…
Kalo temen2 yang udah pernah ke Malaysia, ato Singapura, Ngeliat orang Indonesia itu gampang,.. Mereka kadang tu sembrono nek ngantri, ga sabaran, suka ndesel2, ya eemaaangg si ga semua orang Indo kayagitu, tapi kalo ane lihat kejadian kayagitu, coba deh liat dan tebak ….  biaasaanyya Orang Indonesia yang kurang tertib gitu, sampe di pesawat pun gitu…
yang masi nyalain hape pas pesawat udah mau take off itu kadang Cuma orang Indo aja.. -_- hmmm….. Okelah.. Di Indonesia tertib masi belum jadi budaya, tapi saya yakin ada saatnya nanti!!

dan.. Akhirnya nyampe jogja malem abis maghrib (1,5jam pesawat) dan besoknya siap masuk ke dunia sebenernya lagi haha

Bener kata orang yang bilang, bepergian itu sebenernya ga Cuma buat seneng2, tapi itu bisa buat menambah wawasan,
“ Jangan jadi katak dalam tempurung “ 
katanya, yang ga mau melihat dunia luar… Kita bisa belajar banyak dari situ..1 Poin yang pengen saya uraikan disini, ada 1 momen yang belum saya ceritakan dari cerita diatas..
Jadi sebelum pertandingan F1 dimulai, semua penonton disuruh berdiri untuk menghormati lagu Negaraku malaysia,baru pertama kali tu saya dapet pengalaman gitu di Negara lain, waktu itu masi ada pikiran, missal :
“Ngapain saya berdiri dan menghormati bangsa yang mencuri adat2 Indonesia!”
“Oy,,!! yang bener aja, Malaysia ngaku2 gamelan, wayang , ampe reog  ,males bgt saya berdiri buat sebuah bangsa pencuri!”
Hmmmm…. maaf sebelumnya kalo ada yang tersinggung, omongan saya subyektif kok.. hehe

Tapi akhirnya saya berdiri juga untuk menghormati Malaysia,.. :)

bagaimanapun saya sudah tinggal disitu walaupun Cuma sebentar, dan saya merasa dilayani dengan baik disini.. Okey.. Saya berdiri dan mendengarkan Himne Lagu itu sampe selesai… dan melanjutkan nonton F1.. :)

So, the Point is…
Bukan salah kita belajar dari siapapun, bahkan dari #dalam tanda petik# “musuh” (tapi dalam konteks ini saya ga nganggep malaysia musuh ya), dan dari Negara manapun,..
ada yang bilang “ah, dulu Malaysia itu jg belajar dari Indonesia kok..” , naahhh kalo kita sudah punya mindset seperti ini, bangsa kitalah yang menjadi Katak dalam tempurung, tidak mau belajar dan tetap menjadi Negara Berkembang.. ga maju maju nanti… -_-
Oke, Malaysia… You keren, ane respect… tapi Saya tetep lebih mencintai Indonesia.. hehe



#Pertama, Berbuat yang terbaik untuk diri sendiri, lalu  untuk keluarga, baru merambah keluar sehingga kita bisa mencapai titik “saya sudah berbuat yang terbaik untuk bangsa Indonesia”,

sedikit2 pasti kita bisa memperbaiki bangsa ini dimulai dari yang terkecil, dari yang terkecil, yaitu : “moral”

4 comments:

  1. Menarik skali Kang ceritanya. Jalan-jalan keluar negeri memang menjadi impian masing-masing orang, karena rasa penasarannya, seperti apakah negara lain itu. Btw kapan ni Kang ke Korea? Ane penasaran bgt tuh sama negeri gingseng itu. hahaha semoga dapet tiket airasia yg murah lagi, terus pergi ke Korea Kang :D

    ReplyDelete
  2. Haha impian ane ke eropa bro.. okelah tapi, kalo ane ke korea ane bikin ceritanya.. :D

    ReplyDelete
  3. Haha impian ane ke eropa bro.. okelah tapi, kalo ane ke korea ane bikin ceritanya.. :D

    ReplyDelete
  4. aasik za kalimat yang ini "ada yang bilang “ah, dulu Malaysia itu jg belajar dari Indonesia kok..” , naahhh kalo kita sudah punya mindset seperti ini, bangsa kitalah yang menjadi Katak dalam tempurung, tidak mau belajar dan tetap menjadi Negara Berkembang.. ga maju maju nanti… -_-" setuju, belajar open-minded :D

    ReplyDelete